Kamis, 25 Oktober 2012

Bila kita terserang kram

Kram adalah kejang otot yang terjadi secara mendadak dan menimbulkan rasa nyeri. Penyebabnya bisa bermacam-macam, antara lain tubuh kekurangan cairan dan kalsium, kurang melakukan peregangan dan pemanasan sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat.
Kram bisa menyerang pada semua bagian tubuh. Namun, yang sering adalah pada bagian kaki, tangan, perut. Biasanya, kram terjadi ketika kita sedang tidur atau berolahraga, seperti lari, jogging, renang, basket, dan sebagainya. Kram tidak boleh dianggap sepele, karena bisa membahayakan jiwa. Misalnya, kram saat berenang, yang membuat kita tidak dapat bergerak sehingga bisa tenggelam.

Cara Mencegah
  • Perbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita.
  • Lakukan peregangan dan pemanasan dulu sebelum dan sesudah berolahraga. Lama peregangan dan pemanasan antara 5-15 menit. Peregangan dan pemanasan ini bermanfaat untuk melemaskan otot-otot tubuh agar tidak kaku dan siap untuk melakukan gerakan, sehingga terhindar dari cedera otot atau kram.
  • Biasakan melakukan peregangan pada kaki sesaat sebelum tidur. Hal ini akan membantu memperlancar aliran darah pada kaki.
  • Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium, seperti bayam, kangkung, ikan, keju, dan susu.


Bila terjadi kram otot
Regangkan dan pijat otot yang terserang. Bila perlu, gunakan krim khusus untuk otot yang mengandung methyl salicylat dan menthol. Sebab, rasa hangat yang ditimbulkan dari bahan tersebut bisa membuat otot yang kram menjadi lebih rileks.

Sumber: GIRLS Magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar