Rabu, 24 Oktober 2012

Menangis itu sehat, lho!



Semua orang tentu pernah menangis. Entah itu menangis karena sakit, sedih, kecewa, kesal, marah, terharu, atau karena bahagia. Menangis juga tidak selalu negatif, malah ternyata bisa bikin sehat.

Menangis itu wajar
Seperti halnya tertawa, menangis juga merupakan ungkapan perasaan yang sedang kita alami. Pada saat perasaan kita sedang sedih, terharu, kesal, atau marah, misalnya, biasanya salah satu reaksinya adalah menangis. Dengan menangis, kita bisa mengungkapkan perasaan tanpa harus berkata apa-apa. Orang yang membuat kita sedih, kesal, marah, biasanya juga memahami mengapa kita menangis. Dan setelah menangis, biasanya perasaan kita akan menjadi lebih nyaman dan lega.
Sebenarnya, menangis itu hal yang wajar dialami oleh siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki. Hanya saja, karena laki-laki biasanya merasa gengsi bila ketahuan menitikkan air mata atau malu dibilang cengeng, maka kita jarang melihat cowok menangis, walaupun sebenarnya hati mereka sedang meratap karena sedih atau terharu.

Menangis itu bikin sehat
Selain membuat perasaan jadi lega, menangis juga ternyata bisa menyehatkan, lho. Sebab, air mata yang keluar pada saat kita menangis, bisa melepas ketegangan syaraf pada tubuh kita. Selain itu, juga merangsang produksi hormon endorphin (hormon bahagia) yang ada dalam tubuh, sehingga akan menimbulkan perasaan nyaman dan lega pada diri kita. Bayangkan kalau kita tidak bisa menangis, huhhh.... syaraf akan terus tegang, perasaan pun tak kunjung nyaman, dan selalu dihantui rasa kesal dan marah. Akibatnya, nafsu makan berkurang dan wajah pun menjadi kuyu.
Meskipun ada manfaatnya, menangis tetap harus ada batasnya, yaitu tidak terlalu berlebihan atau mudah sekali menangis. Misalnya, sebentar-sebentar menangis karena dijaili adik atau terus-terusan menangis karena ditinggal orang tua ke luar kota barang sehari. Wah, kalau sampai seperti itu, yang terjadi malah perasaan kita jadi lemah.

Yang perlu dilakukan setelah menangis
  • Tidur
Menangis sebenarnya juga mengeluarkan energi, sehingga habis menangis tubuh kita jadi capek. Oleh karena itu, habis menangis sebaiknya kita banyak minum, lalu istirahat tidur. Selain untuk memulihkan tenaga, tidur juga dapat membuat rasa sedih atau kesal menjadi berkurang
  • Mandi dan keramas
Guyuran air dari shower yang membahasi tubuh dan kepala kita, juga dapat membuat tubuh dan perasaan kita jadi segar dan tenang kembali.
  • Minum minuman hangat
Minum susu atau cokelat hangat juga dapat menenangkan pikiran dan memulihkan semangat.

Nah, untuk itu, kalian boleh saja melampiaskan rasa sedih atau kesal dengan cara menangis. Tapi jangan terlalu berlebihan ya teman-teman. :)

Sumber: GIRLS Magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar