Kamis, 25 Oktober 2012

Bluder, Roti Favorit


Roti Bluder
Roti favorit zaman penjajahan Belanda

Bagi teman-teman yang tinggal di Jawa Timur, mungkin tidak asing lagi dengan roti bluder yang bentuknya mirip jamur. Roti zaman penjajahan Belanda ini memang mudah didapatkan di Malang, Blitar, dan Surabaya. Nama mereknya Bluder Tania.

Zaman dulu, bluder merupakan roti yang digemari oleh orang-orang Belanda yang tinggal di Indonesia, terutama di daerah Jawa Timur. Konon, roti ini dibuat dengan resep yang diturunkan langsung oleh seorang koki asal negeri Belanda pada zaman penjajahan dulu.
Kini, di Jakarta pun sudah ada roti bluder yang sama dengan yang ada di Surabaya. Roti bluder yang juga bernama Bluder Tania ini sudah ada sejak tahun 2003. Namun, roti Bluder Tania ini tidak dijual di toko atau outlet. Jadi, kalau kita ingin mencicipinya, kita harus memesan terlebih dahulu atau datang ke tempat produksinya di Perumahan Mega Kebon Jeruk, Meruya Selatan, Jakarta Barat, atau di Tanjung Duren, Jakarta Barat. Sedangkan di Jawa Timur, kita bisa mendpatkan bluder tania di Jalan Kaca Piring (Blitar), Jalan Kawi (Malang) atau di Pondok Perumahan Nirwana Executive (Surabaya).

Pada zaman dulu, cara pembuatan roti bluder termasuk rumit dan memakan waktu lama. Bayangkan saja, adonan untuk membuat roti ini harus dibanting-banting, lalu diperam selama 2 hari.
Tentu saja, pembuatan roti bluder sekarang ini sudah lebih modern, menggunakan mesin. Namun demikian, proses pembuatannya tetap saja tergolong lama, karena adonan harus diaduk dengan mesin selama 1 jam. Itu belum waktu untuk memeram yang bisa mencapai 6 sampai 8 jam. Lalu, setelah dimasak dalam oven, roti yang sudah matang harus didiamkan dulu selama 4 jam, baru kemudian dibungkus. 
Namun, proses pembuatan yang lama itu sebanding dengan rasanya yang lezat. Apalagi, pilihan rasa roti Bluder Tania juga beraneka ragam. Ada 15 macam rasa yang bisa kita pilih, seperti rasa cokelat, keju, beef burger, strawberry, blueberry, abon, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Khusus Bluder Tania di Jakarta, selain menyediakan bluder original, juga ada variasi bluder mocca.

Nah, untuk teman-teman yang penasaran dengan rasanya. Bisa pesan dan langsung datang ke tempatnya. Selamat mencoba :)


Sumber: GIRLS Magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar